Wednesday, July 18, 2012

100% Indonesia

"...I'm sorry, your damaged seats isn't part of 100% INDONESIA Campaign...."

Ujar saya pada si bule yang lantas tertawa dan berusaha mengerti akan ketidaknyamanan kursinya yang bukan hanya tidak didesain untuk kaki-kaki panjangnya, tapi juga ternyata rusak engselnya dan sayangnya sedang dihiasi kain sandaran bertema kampanye produk nasional.

Tom, bule itu, sudah bepergian ke banyak negara, norway, australia, inggris, vietnam dan kini ia dan pasangannya sedang menuju jogja. Maka saya tak ingin membayangkan keduanya pulang dan membawa cerita tentang jawaban petugas perjalanan yang hanya berkata, "..ya, maaf, sudah kami periksa sebelum berangkat dan memang rusak...".

Ketidakpahamannya akan bahasa inggris seadanya dari sang petugas dan 'kerelaan'nya untuk memaklumi kondisi di sebuah moda transportasi massal negara berkembang, membuat Tom hanya mengangguk pelan dan sang petugas pun berlalu. Tapi tentu anda yang merasa sebagai orang indonesia akan malu melihat tamu kita menggeliat-geliat dan tergoyang karena kursi kelas eksekutif yang rusak engselnya.

Beruntung, di belakang kursi saya ada dua tempat duduk kosong. Entah punya siapa, barangkali milik penumpang yang nanti naik dari Cirebon. Biar saja sementara saya pikir, lalu saya tepuk pundaknya...

"...tom, i think those two seats behind me is empty, i've asked the train officer permitiob and you can use it instead of your original seats..."

"..thank you'..", balasnya sembari mengangkat jempol sebelum beringsut pindah bersama kekasihnya ke kursi belakang saya...

"...it is an obligation to serve our guests well. So when you come back home, i hope it wont be those damaged seats of a developing country's train you'll have in mind, but it is the helpful and warmth of indonesian people which will be your journey's conclusion. After all, being helpful should be the theme for us all, citizen of the world..."

Tom dan kekasihnya tersenyum, lalu kami mengakhiri pembicaraan dan kembali menikmati pemandangan indah sawah-sawah di karawang dari balik jendela kereta. Indonesia memang indah kawan....

:)

No comments:

Post a Comment