Thursday, December 2, 2010

My Precious

Diluar yang semacam "..selamat anda mendapatkan uang tunai Rp.50 jt, bonus pulsa Rp.10jt. hubungi 081xxxxx...", kira-kira hadiah paling mengesankan apa yang pernah anda dapat selama ini..?? Pulpen, Sandal Jepit, MagicJar, Uang Tunai, atau Mobil mungkin...?

Bagi saya, ada sebuah hadiah paling mengesankan yang pernah saya dapatkan sebelum kemarin....

Adalah sebuah jam dinding, hasil iseng-iseng ibu mengajari saya surat menulis surat untuk presiden. Lima setengah tahun umur saya ketika sebuah kiriman kardus coklat berstempel pos khusus dari kantor presiden datang di sebuah pagi. Buru-buru saya robek pembungkus kardusnya, dan mata saya berbinar ketika melihat sepucuk surat terikat pita merah putih tergeletak diatas sebuah jam dinding, warna putih hitam, dengan tandatangan H. Soeharto dibalik kacanya.

"Terimakasih atas suratmu nak, jadilah anak yang berguna bagi bangsa.." , begitu rasanya penggalan surat yang entah ditulis oleh siapa di istana atas nama presiden. Tapi perhatian saya akhirnya banyak tertuju pada jam dindingnya. Saking senangnya, malamnya saya tidur memeluk benda yang seharusnya terpasang di dinding itu. Kalau mengingat-ingat hal itu saya sering tertawa sendiri, indah sekali rasanya jadi anak kecil, tak mengenal politik juga tak pandai mengkritik.

Jam dinding itu bertahan cukup lama, sepanjang usia sekolah dasar saya, walaupun akhirnya penunjuk waktu itu menyerah juga pada sang waktu. Dan walaupun setelah itu saya sempat beberapa kali memenangkan hadiah yang menyenangkan - paling istimewa adalah sebuah pin dan buku original tentang profil tim dari Manchester United - , tapi overall saya tidak pernah cukup beruntung memenangkan sesuatu hadiah yang mahal.

Semua berubah kemarin pagi...

Ketika saya mendapatkan sebuah benda yang nilainya sama dengan dua kehidupan. Sepucuk kejutan yang menyenangkan. Hadiah dari sebuah pompa bensin yang semoga menjadi contoh bagi manufaktur-manufaktur lain yang katanya memikirkan kelangsungan masa depan dunia namun masih saja berlomba-lomba memikat konsumen dengan hal-hal remeh semacam kendaraan, alat elektronik, dan lain-lain pengancam kehidupan...




i got mango for life, yeehhhaa... :D

No comments:

Post a Comment