Thursday, August 20, 2009

Banjarbaru (Setahun Yang Lalu)

Tahun ini memang berbeda dengan kemarin.....
Jika awal ramadhan tahun lalu saya "terpaksa" tarawih pertama di sebuah Masjid Agung di Kalimantan, merasakan aura semangat orang-orang disana kala itu, dan lantas Bingung DJ ketika mendengarkan khotbah tarawih dalam bahasa banjar tanpa menu bilingual, maka kali ini saya memulainya di tempat yang lebih familiar, masjid sebelah rumah di Malang.
Sebenernya tempat favorit saya selama di Malang kalo urusan tarawih adalah Masjid di daerah ITN, Sabilillah ya namanya??. Tempatnya "cozy" buat berdoa, sebuah paduan yang pas antara karpet yang hangat dan tata ventilasi ruangan yang memberikan cukup kesejukan khas angin di Kota Malang. Tapi yang lebih penting, menurut saya masjid itu menawarkan tarawih yang "pas". Ga terlalu panjang dan bikin pikiran jalan kemana-mana, juga ga serasa dikejar-kejar orang sekampung gara-gara nyuri kembang desa... hehe.. Khotbahnya juga seringkali cukup menarik buat saya, jadi sebenarnya sayang juga tadi malem saya ga sempet kesana. Gara-garanya aer di rumah abis dan baru idup menjelang adzan isya', hehe rodo ngeles iki sepertinya...

Perbedaan yang kedua, jika setahun yang lalu pas sahur pertama saya dibangunkan oleh suara salah satu wanita paling menyenangkan yang pernah saya kenal, maka tadi malem yang bangunin sahur perhaps an angel, dengan bantuan beberapa ekor nyamuk tak tahu diri...
Pas kecil dulu, saya sering males sahur, lidah rasanya belum siap makan jadi sering dipaksa sama orang rumah. Tapi akhir-akhir ini sepertinya sahur ga lagi jadi masalah, berasa nikmat aja, walaupun kadang cuma pake mie instan telor. Apalagi tahun ini ada ditemenin OVJ Sahur, Fesbuk, dan YM.. hehe.. ajjiiibbb....

Nah perbedaan yang ketiga, adalah puasa hari pertama ini saya tidak lagi melakukan "kebodohan yang enak" seperti setahun lalu, di Bandara Syamsudin Noor, Banjar Baru. Waktu itu, sekitar jam 12 siang waktu indonesia tengah, panas banget Banjar Baru waktu itu, jadi sambil nunggu boarding, saya duduk-duduk di sebuah cafe bandara yang "anehnya" koq sepi. Lantas saya pun disodori menu dan "secara ajaib" saya pesen secangkir kopi. Orang-orang sekitar cuek aja ngobrol dalam bahasa banjar yang ga saya pahami dengan baik...
Nah, saya mulai bingung pas orang-orang mulai ngeliat saya minum kopi itu, kenapa ya???... Refleks saya ngecek retsleting celana, karena biasanya bagian ini yang seringkali menarik perhatian orang kalo ga diamankan dengan baik, dan ternyata AMAN TERKENDALI!!!... jadi apa dong?? sambil nyeruput kopi lagi, saya mencoba ngecek bagian lain, muka saya, jangan-jangan 3 hari di Banjar bikin muka saya lebih ganteng dari sebelumnya sampe bikin orang-orang terpesona, dan ternyata ENGGAK JUGA!!!... Akhirnya saya nyerah, biarin aja orang-orang ngeliatin saya minum kopi itu, sampe akhirnya 5 menit kemudian ada telpon masuk dari temen saya, ngecekk.

Temen Saya: "Udah boarding??"
Saya: "Belum, masih sejam lagi, kecepetan soalnya salah naik ojek banjar yang 'obsessed ma gaya ngojeknya valentino rossi' .."
Temen Saya: "Trus ini lagi dimana??"
Saya: Lagi duduk aja di kafe
Temen Saya: "panas ya puasa di Banjar??"
Saya : "Deeeennggg.......... hyaaaa.... lha.... ups... "
Temen Saya: "Knapa??"
Saya : Hahaha....
Temen Saya: "Lho??"
Saya : Aq beli kopi...
Temen Saya: "???????????"

*saya langsung boarding sebelum waktunya, malu, tapi lumayan enak lahh, udah lama ga dapet rejeki lupa minum kopi hehe...*

SELAMAT PUASA, AYO MINTA YANG BESAR-BESAR, KESEMPATAN YANG PALING MENANTANG, JODOH YANG KELIATANNYA NGGA MUNGKIN, KESEHATAN, ILMU, DAN DUIT YANG BERMANFAAT BUAT ORANG LAIN, SEMUANYA DEH... MUMPUNG ADA "KHASIAT" RAMADHAN...

No comments:

Post a Comment