Saturday, July 25, 2009

Kick Andy vs TMO

Kalo nonton acara Golden Ways nya, Mario Teguh lebih sering saya anggap sebagai asupan logika, maka materi acara Kick Andy lebih sering saya cerna sebagai makanan untuk hati. Ini adalah acara televisi terbaik di Indonesia, paling inspiratif yang tragisnya ratingnya jauh dibawah sinetron" produksi industri kreatif indonesia seperti Cinta Fitri or worst Inayah . Sudah minim, sekarang acara ini juga "dapat teman baru" acara ge-je lainnya yang jam tayangnya bareng, Take Me Out (TMO) Indonesia..

Tapi, Alhamdulillaah tadi malam saya berada dalam kumpulan orang-orang yang se-ide tentang pilihan channel televisi danjelas kami menempatkan TMO cuma buat selingan pas iklan. Dan yang lebih saya syukuri lagi, episode Kick Andy tadi malam adalah salah satu yang menurut saya spesial, Cerita tentang kepahlawanan disekitar kita, yang dilakukan oleh orang-orang biasa. Bukan superhero yang bisa bergerak cepat, terbang, melintasi dimensi waktu, atau dianugerahi fisik sekokoh karang. Bukan pula mereka menjabat, berkemampuan finansial lebih atau memiliki berderet gelar keilmuan yang kadang menciptakan jarak antara konsep dengan realitas.

Dan sungguh "menyakitkan" mendapati fakta bahwa saya bukan apa-apa dibanding mereka, mata saya berkaca, MALU AGAINNN....!!!
Bagaimana mungkin saya yang cuma planner serabutan, lulusan sarjana dari salah satu universitas terkenal, dan memiliki cukup rizki ini, bisa dibandingkan dengan seorang polisi berpangkat Bripda yang begitu saja menerobos kepungan api untuk menyelamatkan korban kebakaran, tanpa memikirkan bahwa ia akhirnya sempat koma 11 hari setelah hari itu dan bahkan luka-lukanya pun kini belum sepenuhnya mengering. Begitu polosnya semalam dia mengutarakan alasan dibalik "perbuatannya" hanyalah karena ia yakin Tuhan ada dan adil. Naluri memang berperan, tapi toh hati yang menggerakkan pilihan dalam setiap kejadian.

Prof.Komaruddin Hidayat yang dalam komentarnya tadi malam terlihat berkaca, mengatakan bahwa ini adalah figur polisi sejati, seorang yang menurutnya hanya berpangkat Bripda namun berhati Jenderal. Menyaksikan orang-orang seperti sungguh membuat kita berharap para politisi negeri ini bisa berkaca dari keping-keping pribadi mutiara yang nyata adanya di negeri yang indah ini katanya lagi....

Bagaimana pula saya bisa dibandingkan dengan seorang pelajar indonesia yang tanpa ragu-ragu menyelamatkan remaja Jepang yang akan tenggelam di laut ganas, meskipun akhirnya pemuda itu, Mas Endang, harus menukarnya dengan nyawanya.
Ini bukan sebuah skenario dalam sinetron yang bisa dirubah kapan saja, ini nyata. Lebih dari sekedar "i die for you" yang biasa dipake nggombal orang-orang yang lagi kasmaran, tapi Mas Endang menunjukkan apa itu "i die for others life" beyond any borders, entah itu batas negara atau bahkan agama, murni atas nama kasih sayang.

Keikhlasan akhirnya memang tak bisa dituturkan, tapi bisa diajarkan dengan tindakan nyata. Dan walaupun gurat kesedihan masih nampak di wajah kedua orang tuanya ketika dihadirkan di Kick Andy tadi malam, tapi saya yakin dalam hati keduanya, ada kebanggaan yang luar biasa, bahwa anak kesayangan mereka, meninggalkan mereka dalam salah satu cara yang terbaik, as a true hero.....

Lantas di akhir malam saya kembali bertanya-tanya. Terjaga diantara kata-kata dalam pesan pendek di telepon seluler saya dan tetesan tanya tentang apa dan bagaimana saya nanti akan pulang pada-NYA, dengan jalan yang identik dengan Mas Endang atau lewat jalan yang lain..

Mungkin saja ini hanya masalah kesempatan. Mungkin saya mungkin belum pernah dihadapkan pada situasi segenting itu sehingga saya tidak bisa mengukur apakah intuisi saya akan bekerja sebagaimana yang mereka lakukan. Tapi jika saat itu tiba apakah memang hati saya sudah cukup bersih untuk menggerakkan intuisi saya ke pilihan arah yang sama seperti mereka?? Apakah saya sanggup?? Semoga.......

There's a hero if you look inside your heart
you dont have to be afraid of what you are
there's and answer if you reach into your soul
and the sorrow that you know will melt away

Ant then a hero comes along
with the strength to carry on
and you cast your fears aside
and you know you can survive

So when you feel like hope is gone
look inside you and be strong
and then you'll finally see the truth
That a hero lies in you.........

Hero-Mariah Carey

No comments:

Post a Comment